Menguasai Break dan Continue dalam Dart: Cara Mengontrol Perulangan dengan Efektif

Sunday, 21 July 2024 2 read minutes

Cover Article
Photo by Artem Sapegin

Dalam pengembangan perangkat lunak, struktur perulangan seperti for, while, dan do-while sangat penting untuk mengulangi instruksi tertentu. Namun, terkadang kita perlu menghentikan atau melewati iterasi tertentu dalam perulangan tersebut. Keyword break dan continue dalam bahasa pemrograman Dart menyediakan cara yang efisien untuk mengontrol aliran perulangan. Artikel kita kali ini akan membahas penggunaan break dan continue dengan contoh yang unik dan praktis.

Penggunaan break untuk Menghentikan Perulangan

Keyword break digunakan untuk keluar dari perulangan sebelum iterasi selesai. Misalkan kamu memiliki aplikasi yang menyimpan daftar angka ganjil pertama yang lebih kecil dari 50. Pengguna dapat mencari angka ganjil tertentu, dan saat angka tersebut ditemukan, proses perulangan dapat dihentikan menggunakan break.

Berikut adalah contoh kode yang mengimplementasikan fungsi tersebut:

void main() {
  // Angka ganjil di bawah 50
  var oddNumbers = [
    1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 15, 17, 19, 21, 23, 25, 27, 29, 31, 33, 35, 37, 39, 41, 43, 45, 47, 49
  ];

  var searchNumber = 27;
  print('Angka ganjil di antara 1-50: $searchNumber');

  for (int i = 0; i < oddNumbers.length; i++) {
    if (searchNumber == oddNumbers[i]) {
      print('$searchNumber adalah angka ganjil ke-${i + 1}');
      break;
    }
    print('$searchNumber != ${oddNumbers[i]}');
  }
}

Ketika kode di atas dijalankan, proses iterasi akan dihentikan saat angka yang diinputkan pengguna sama dengan angka ganjil yang dicari. Berikut adalah output dari kode tersebut:

Angka ganjil di antara 1-50: 27
27 != 1
27 != 3
27 != 5
27 != 7
27 != 9
27 != 11
27 != 13
27 != 15
27 != 17
27 != 19
27 != 21
27 != 23
27 != 25
27 adalah angka ganjil ke-14

Penggunaan continue untuk Melewatkan Iterasi

Keyword continue digunakan untuk melewatkan iterasi saat ini dan melanjutkan ke iterasi berikutnya. Misalkan Anda ingin menampilkan angka dari 1 sampai 15 kecuali angka kelipatan 4. Anda dapat melakukannya dengan continue seperti berikut:

void main() {
  for (int i = 1; i <= 15; i++) {
    if (i % 4 == 0) {
      continue;
    }
    print(i);
  }
}

Output dari kode tersebut adalah:

1
2
3
5
6
7
9
10
11
13
14
15

Keyword break dan continue sangat berguna dalam mengontrol aliran perulangan di dalam program Anda. break memungkinkan Anda menghentikan perulangan saat kondisi tertentu terpenuhi, sementara continue memungkinkan Anda melewatkan iterasi saat kondisi tertentu terpenuhi. Dengan memahami dan mengimplementasikan kedua keyword ini, Anda dapat membuat kode yang lebih efisien dan mudah dibaca.

Penggunaan break dan continue yang tepat dapat membantu Anda mengoptimalkan logika perulangan dalam aplikasi Anda, membuatnya lebih responsif dan efektif dalam menjalankan tugas-tugas tertentu. Memahami konsep-konsep ini akan memberi Anda alat yang lebih baik untuk menangani berbagai skenario dalam pengembangan perangkat lunak.

section icon
section title icon recents articles
Latest Articles just for you

Stay updated with the latest articles crafted to enhance your knowledge.
Discover new insights and stay ahead with our recent content.

Card image cap
Panduan Lengkap Menggunakan json_serializable dan json_annotation untuk Model yang Rapi di Flutter
Tuesday, 29 October 2024

Dalam pengembangan aplikasi Flutter, sering kali kita perlu mengonversi data dari JSON ke objek Dart atau sebaliknya. Ini terutama umum dalam aplikasi yang mengambil data dari API atau menyimpan data secara lokal dalam format JSON. Untuk mempermudah ...

Read more
Card image cap
Pengenalan Widget dan Lifecycle dalam Flutter
Thursday, 17 October 2024

Widget adalah komponen dasar yang digunakan dalam Flutter untuk membangun antarmuka pengguna (UI). Hampir semua elemen visual di aplikasi Flutter merupakan widget, mulai dari teks, tombol, hingga tata letak seperti baris dan kolom. Dalam pengembangan...

Read more
Card image cap
Panduan Pemula untuk Membuat Aplikasi Pertama dengan Flutter
Saturday, 12 October 2024

Setelah menyiapkan Flutter SDK di sistem kamu, penting untuk memahami bagaimana struktur proyek Flutter diatur dan bagaimana cara menjalankan aplikasi kamu di berbagai lingkungan pengembangan. Pada artikel kali ini kita akan menjelaskan secara mendal...

Read more
Card image cap
Panduan Membuat Program Dart Pertama untuk Semua Platform
Saturday, 12 October 2024

Pada artikel kali ini kamu akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk menjalankan program Dart pertama kamu di berbagai platform (Windows, macOS, dan Linux). Tujuan utama dari panduan ini adalah untuk mempermudah kamu yang baru banget belajar...

Read more